5 Ide Bisnis Online di Bulan Ramadan

Maryanto Saputra on Apr 19, 2021 in Information

Bulan Ramadan yang terjadi hanya satu bulan dalam setiap tahunnya, biasanya membuka banyak sekali peluang bisnis yang bisa kita jalani. Pasalnya, pada bulan ini masyarakat cenderung menjadi lebih konsumtif. Kebutuhan dan keinginan masyarakat pada bulan ini juga cenderung meningkat. Mulai keinginan untuk selalu makan makanan yang nikmat ketika sahur dan berbuka, hingga melengkapi kebutuhannya untuk hari raya mendatang.

Kesempatan yang berharga ini sangat sayang sekali apabila kita lewatkan. Untuk itu, kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan memaksimalkan bisnis pada bulan Ramadan. Tenang saja, dengan kemajuan teknologi yang ada, memungkinkan kamu untuk membuat bisnis secara online tanpa harus memiliki toko, loh!

Tapi, kamu masih bingung menyiapkan ide bisnis yang dapat dilakukan pada bulan Ramadan? Beberapa ide bisnis ini dapat kamu lakukan saat bulan Ramadan. Yuk, simak baik-baik!

1. Berjualan takjil atau makanan untuk berbuka

Saat bulan Ramadan, umat muslim wajib melakukan ibadah puasa. Karena harus menahan lapar dan haus dalam waktu yang cukup lama, menyebabkan adanya keinginan untuk makan makanan yang beragam Takjil adalah makanan ringan untuk berbuka puasa. Biasanya menu takjil memiliki rasa yang manis untuk mengembalikan energi yang hilang saat bulan puasa. Maka tak salah, apabila di bulan Ramadan, menu takjil adalah menu yang dicari-cari.

Untuk itu, kamu bisa memaksimalkan peluang di sini. Misalnya dengan menjual aneka minuman segar seperti, jus, kolak, atau bahkan makanan pembuka manis seperti kurma atau puding. Kamu bahkan bisa menjual aneka gorengan atau makanan untuk berbuka puasa, loh! Karena berbuka merupakan momen yang spesial Bersama keluarga, biasanya kita juga akan lebih terdorong untuk merayakannya dengan hidangan yang istimewa.

2. Berjualan baju

Budaya baju baru saat hari raya merupakan tradisi yang masih dijalankan sampai sekarang.

Maka dari itu, bulan Ramadan biasanya digunakan sebagai ajang untuk mencari baju baru. Bahkan, orang tidak hanya membeli baju untuk dirinya sendiri, melainkan untuk kerabat, saudara, hingga orang tua.

Nah, kamu bisa mulai menjual baju dengan nuansa lebaran. Misalnya seperti gamis, peci, baju koko, sarung, hingga mukenah. Dijamin bisnis bajumu akan laris manis karena tingkat pembelian yang juga tinggi!

3. Berjualan hampers untuk lebaran

Dewasa ini, saling berkirim hampers adalah sesuatu hal yang tidak boleh untuk dilewatkan. Terlebih di masa pandemi ini, kita tidak bisa saling bertemu dan berjabat tangan. Namun, kita bisa tetap mengirimkan hampers kepada teman atau kerabat kita agar terasa semakin dekat dan sebagai bentuk kepedulian kita.

Tak salah jika menjual hampers dapat menjadi ide bisnis yang paling mempunyai peluang cukup besar pada bulan Ramadan ini. Masih bingung untuk menjual hampers? Kamu dapat menjual hampers dengan berisikan kue kering ataupun berisi sembako agar bermanfaat. Tidak sedikit juga penjual yang mulai membuat hampers kreatif seperti hampers berisikan jamu, ramen, pengharum ruangan, dan lainnya. Pokoknya kamu bisa menyesuaikan sesuai jualan produk populermu. Kamu juga bisa memberikan masker ataupun hand sanitizer sebagai betuk kepedulian di masa pandemi ini.

4. Menjual kue kering

Kamu suka membuat kue kering? Ini kesempatan emas untukmu! Karena kue kering sangat dicari saat bulan Ramadan. Hal tersebut dikarenakan kue kering erat kaitannya dengan nuansa Ramadan maupun lebaran. Kue kering biasanya dapat disuguhkan ketika ada orang yang bertamu untuk bersilaturahmi.

Namun, kamu juga bisa menjadikan kue kering sebagai bingkisan untuk teman, saudara maupun kerabat. Banyak sekali varian kue kering yang dapat kamu buat. Mulai dari nastar, sagu keju, putri salju, dan masih banyak lainnya, dan untuk mempelajari cara pembuatannya juga cukup mudah. Kamu bisa memanfaatkan bantuan YouTube yang memungkinkan kamu belajar memasak hingga mendapatkan tips untuk membuat masakannmu semakin enak!

5. Menyediakan katering untuk sahur

Kamu suka masak makanan rumahan? Wah, tips kali ini cocok untuk kamu. Kamu dapat menjual masakan rumahanmu menjadi katering untuk sahur. Apalagi, orang cenderung malas untuk memasak di dini hari. Maka dari itu, menyediakan katering untuk sahur adalah ide bisnis yang sangat menguntungkan.

Di zaman serba canggih ini, kamu tidak perlu pusing memikirkan pengiriman karena sudah tersedia layanan ojek online yang akan mempermudah bisnis kamu. Jadi, kamu tinggal memasak dan menyiapkan makanan sahur untuk diantarkan ke lokasi pembelimu, deh!

Itu tadi beberapa ide bisnis yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadan. Cukup banyak, kan bisnis yang dapat kamu lakukan? Maka dari itu, yuk lakukan dari sekarang supaya mendapatkan untung yang maksimal!

Eits, tapi ribetnya proses belanja terkadang membuat orang merasa malas untuk membeli produkmu. Apalagi kalau sudah ribet, hanya menerima pembayaran tertentu pula. Aduh dijamin makin malas!

Untuk itu gunakan payment gateway untuk memberikan pengalaman belanja yang mudah dan cepat. Untuk memberikan pengalaman belanja yang mudah, kamu memerlukan partner bisnis yang tepat, seperti Duitku. Dengan Duitku, transaksi bisnismu akan berjalan dengan otomatis. Tidak hanya memudahkan pembeli, tapi juga memudahkan kamu. Dijamin dengan duitku semua jadi beres!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.