4 Faktor yang Memengaruhi Customer Satisfaction

Support on Okt 27, 2021 in Information

Kepuasan pelanggan/customer satisfaction adalah salah satu faktor penentu kesuksesan perusahaan karena customer satisfaction memberikan manfaat yang beragam, mulai dari peningkatan laba, reputasi, hingga loyalitas pelanggan. Pelanggan yang puas tentunya bersedia untuk mempromosikan bisnis secara cuma-cuma dan melakukan pembelian kembali, hingga biaya retensi pada bisnis dapat diminimalisir.

Untuk mempertahankan manfaat kepuasaan pelanggan, Anda perlu memperhatikan kualitas produk dan layanan yang paling utama. Sebab, kualitas menentukan persepsi pelanggan terhadap kinerja suatu produk. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang dapat Anda jadikan indikator penentu kepuasaan pelanggan. Info detailnya, bisa Anda lihat pada artikel berikut:

1. Kualitas Produk

Dalam meningkatkan customer satisfaction /kepuasan pelanggan, Anda perlu memperhatikan kualitas/mutu dari produk yang Anda jual. Sebab, kualitas produk mampu menjadi salah satu faktor pembentuk customer satisfaction sehingga pelanggan mau menawarkan kembali produknya kepada kolega dan keluarga. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda selalu memakai bahan berkualitas sehingga pelanggan senang dan yakin untuk membeli kembali produk yang Anda jual.

Untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan itu, maka pastikan untuk selalu menjaga kualitas dari produk yang dijual. Kualitas produk berkaitan dengan kondisi fisik, sifat, dan fungsi produk. Hal ini berlaku bahkan jika Anda menjual produk jasa maupun produk barang.

2. Pelayanan yang Ramah

Kemudahan berkomunikasi antara pebisnis dan pelanggan menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Untuk itu, penting sekali bagi Anda memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan layanan customer service yang dapat dihubungi kapan saja dan di mana saja. Tujuannya, bila pelanggan menemukan masalah terkait penggunaan produk, maka pelanggan dapat dengan mudahnya menghubungi Anda dan melakukan konsultasi terkait servis produk.

Kualitas pelayanan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu expected service (layanan yang diterima) dan perceived service (layanan yang diterima). Jika Anda dapat memberikan perceived service yang melebihi expected service, maka kualitas pelayanan pun dianggap sebagai kualitas yang ideal.

3. Harga yang Kompetitif

Faktor kepuasan pelanggan berikutnya adalah harga. Penilaian harga memberikan pengaruh yang besar bagi konsumen dalam memilih produk maupun bisnis tertentu. Semakin tinggi keuntungan yang didapatkan seseorang dari suatu produk, maka semakin tinggi pula nilai tukar produk di mata pelanggan, sehingga pelanggan bersedia mengambil keputusan untuk membeli produk. Oleh karena itu, berikan harga yang kompetitif dan adakan promo potongan harga agar volume kedatangan meningkat dan pelanggan puas dengan bisnis Anda.

Apabila Anda dapat mengatur promo yang tepat sebagai strategi, maka hal itu pun akan menambah nilai kompetitif suatu produk. Di mana, nilai utilitas produk yang diperoleh konsumen itu setimpal dengan biaya yang dikelurkan oleh pelanggan. Selain itu, jangan lupa untuk mengadakan percobaan guna melihat peluang.

4. Kemudahan dalam Bertransaksi

Kemudahan dalam bertransaksi juga sangatlah penting karena proses pembayaran yang rumit mampu membatalkan keinginan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi. Mau bayar saja kok susah… Makanya, penting bagi pebisnis untuk menyediakan metode pembayaran beragam yang telah terautomasi selama 24/7 sehingga pelanggan dapat melakukan check-out kapan saja, bagaimanapun caranya.

Untuk pelanggan Anda, gunakan fasilitas yang mudah dan murah saat mereka menyelesaikan transaksi di website atau aplikasi online. Salah satu fasilitas yang dapat mendukung bisnis Anda adalah dengan meggunakan Payment Gateaway.

Salah satu payment gateway Indonesia berizin dari Bank Indonesia yang bisa kamu pakai adalah Duitku. Duitku memiliki standar sertifikat keamanan data industri kartu pembayaran (PCI-DSS) sehingga pembeli merasa aman saat bertransaksi di website bisnis. Tak hanya itu, Duitku juga menyediakan pilihan pembayaran beragam yang dapat dilakukan secara otomatis selama 24/7 sehingga proses transaksi bisnis yang dilakukan pelanggan menjadi lebih cepat dan nyaman.

Mari tingkatkan kepuasan pelanggan dengan hadirkan kemudahan bertransaksi bersama Duitku.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.